Kamis, 28 Maret 2013

soal flight control


  

1.      Beban minimum atau torque untuk elevator control system yang ditentukan pada regulasi CASR  adalah :
a)      100 lbs
b)      150 lbs
c)      200 lbs
d)      300 lbs

2.      Beban limit pilot dan torque untuk rudder :
a)      200 lbs
b)      250 lbs
c)      300 lbs
d)      350 lbs

3.      Dual control system harus didesign, dengan beban tidak kurang dari ;
a)      0,5  kali yang diperoleh dari  CASR 25. 395
b)      0,75  kali yang diperoleh dari CASR 25.395
c)      0,5  kali dari yang diperoleh CASR 25.405
d)      0,75  kali dari yang diperoleh CASR 25.405

4.      Didalam standard kelaikan udara untuk katagori transport CASR 25.689 mensyaratkan bahwa kabel       control yang digunakan pada aileron, elevator dan rudder mempunyai diameter tidak boleh lebih dari :
a)      1/8 inch.
b)      ¼ inch.
c)      1/6 inch.
d)      1/3 inch.

5.         1. Setiap control system harus beroperasi dengan mudah , lancar, meyakinkan sesuai dengan fungsinya.
2. Setiap element dari masing2 fligth control system didesign menurut kemauan masing2
Dari statement diatas :
a)      Hanya no. 1 salah
b)      Hanya no.2 salah
c)      Keduanya  no. 1 dan no.2 salah
d)      Keduanya no.1 dan no 2 betul.

6.     1. Setiap stopper harus ditempatkan sehingga pemakaian, kelambatan atau pengaturan pengencangannya tidak akan berakibat merugikan characteristic control airplane
2.Setiap stopper harus mampu menahan beban yang berhubungan dengan kondisi design dari control system  
Dari statement diatas ;
a)      Hanya no 1 betul
b)      Hanya no 2 betul
c)      No 1 dan no 2 betul
d)      No 1 dan no 2 salah

7.      1.Trim control didesign untuk mencegah operasi yang tidak disengaja atau tiba-tiba
2.Trim control didesign untuk mencegah creeping didalam penerbangan
a)      Hanya No. 1 salah
b)      Hanya No. 2 betul
c)      Keduanya no.1 dan No. 2 salah
d)      Keduanya no 1 dan no 2 betul

8.      Fair lead harus dipasang sehingga tidak menyebabkan arah kabel berubah lebih dari 3 derajat, statement tersebut diatur pada standard kelaikan udara:
a)      CASR 25.689.
b)      CASR 25.672.
c)      CASR 25.663.
d)      CASR 25. 685.

9.      Takeoff warning system diatur pada standard kelaikan udara untuk pesawat terbang katagori transport :
a)      CASR 25.685.
b)      CASR 25.689
c)      CASR 25.693.
d)      CASR 25.703.

10.  Standard kelaikan udara untuk pesawat transport pada CASR 25.395 (a) menyebutkan, bahwa control system longitudinal, lateral, directional , drag dan support struktutr harus didesign dengan beban sesuai :
a)      100% dari hinge moment.
b)      125% dari hinge moment.
c)      100% dari bwban twist.
d)      125 % dari beban twist.

11.  Pada waktu melakukan test operasi, control system dibebani sampai beban maximum dan diharapkan pada operasi normal, system harus bebas dari :
a)      Jaming.
b)      Gesekan yang berlebihan.
c)      Defleksi yang berlebihan.
d)      Semuanya benar.

12.  Control system harus didesign dan di pasang supaya tidak terjadi ;
a)      jamming,
b)      chafting
c)       interference dari cargo passenger.
d)      Semuanya betul.

13.  Special safety factor yang ditentukan pada CASR 25.693 tidak kurang dari:
a)      3,33
b)      2.0
c)      1.5
d)      1,15

14.  Untuk membantu gerakan dan merubah arah cable control system:
a)      Pulleys.
b)      Cakram.
c)      Bellcranks.
d)      Fairleads.

15.  Berapa ukuran terkecil dari kabel yang harus dipakai pada primary control system :
a)      3/16 inch.
b)      ¼ inch.
c)      5/16 inch.
d)      1/8 inch.

16.  Methode apa yang sesuai untuk memeriksa control cable yang patah kawatnya :
a)      Meletakkan lap sekeliling kabel dan dijalankan dari belakang ke depan seluruh panjang kabel.
b)      Periksa secara lengkap pada semua pulley dan fairleads dengan 10X tenaga kaca pembesar
c)      Lepas kabel dan periksa didalamnya dengan methode magnetic particle inspection
d)      Jalankan sepanjang kabel magnet permanent kecil . Kawat yang patah akan ditarik keluar kabel, dan membuat lebih mudah untuk menemukannya dengan inspeksi visual.

17.  Selama memeriksa cable control system , pulley tidak akan berputar, selanjutnya dalam pemeriksaan kelihatan noda mendatar pada kabel yang berjalan dengan baik, prosedur apa yang harus di ikuti :
a)      Pulley harus diganti.
b)      Kabel berjalan baik harus digunakan kembali.
c)      Pulley harus dibebaskan.
d)      Pulley harus diputar 90 derajat.

18.  Fair lead tidak akan diperbolehkan sebab arah kabel berubah lebih dari :
a)      4derajat.
b)      2 derajat.
c)      3 derajat.
d)      8 derajat,

19.  Bila control cable telah usang berubah bentuk harus dilakukan :
a)      Service
b)      Penggantian
c)      Perbaikan
d)      Semuanya betul

20.  Aircraft yang tidak punya reversion system harus mempunyai :
a)      Hydraulic power
b)      Back up
c)      Auxilary
d)      Semuanya betul

21.  Mechanical linkage disambung ke cockpit control terus ke control kable dan control surface , alat ini untuk  ;
a)      Untuk menggerakkan atau merubah arah gerakan control system
b)      Untuk memberhentikan gerakan
c)      Semuanya betul

22.  Apabila kabel distel dengan sesuai dan control surface cenderung bergetar, kemungjkinana disebabkan : 
a)      Pembebanan yang tidak sesuai.
b)      Kelihatan attachment fitting.
c)      Oil dapat berpengaruh pada control surface.
d)      Tension cable yang berlebihan.

23.  Biasanya control surfaces dilindungi dari winds gusts Oleh:
a)      Stopper
b)      Snubber
c)      Locking device
d)      Tabung metal

24.  Fair lead harus dibuat biasanya dari:
a)      Rubbers
b)      Material phenolic
c)      Aluminum
d)      Steel

25.  Mechanial linkage terdiri dari :
a)      Push pull rod
b)      Torque tube
c)      Quadrant , sector , bellcranks dan cable drum.
d)      Semuanya betul.



Essay 
1.      Sebutkan basic requirement dari Flight control system
2.      Uraikan  Rigging terdiri dari apa saja.
3.      Pada gambar dibawah tentukan kabel tension untuk diameter 1/8 inch (7x19). Apabila temperature adalah -30 derajat F.


1.jawab.
system hrs mampu mengntrol pesawat, rata” pilot hars mampu menerbngkan psawat,system hrs dapat dipertanggung jawabkan kebenrannya,tingkat dari kecelakaanhrs diterima,system yg komplex harus masuk akal: (waktu yg layak untuk pengembangan,harga design dan pembuatannya harus dapat diterima,harga kepemilikan hrs dapat ditrmna), berat system harus dapat dipertanggung jawabkan.

2. jawab.
a. penempatan flight control system pada posisi neutral dikunci sementara pd ring dgn pins atau block,
b.mengatu pergerakan surface, system cable tension,linkages,dan mengatur stops sesuai aircraft manufacturer specification. Bila melakukan rigging flight control system ,bagian penting peralatan rigging yg dibutuhkan terutama terdiri dari: tensiometer cable rigging tension charts, protractors,rigging fixture,contour template and rulers.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar